Details On Your Jeans Back to News

05 Feb 2016

 

Apa yang membuat jeans begitu special? Sejarahnya, bahannya, ketahanannya dan juga detailnya. Jeans terdiri dari bagian-bagian kecil yang membuatnya unik, mungkin kamu sering melihatnya namun tahukah kamu bagian tersebut disebut apa saja? Mari kita jabarkan beberapa disini: 

1. Coin Pocket
Kantong kecil yang biasanya dapat digunakan untuk menyimpan uang koin atau jam kecil. Pertama kali ditemukan pada tahun 1873.

2. Belt Loops
Disebut juga lubang pada ikat pinggang. Normalnya lubang ini terdapat sebanyak 5 buah dalam suatu celana jeans.

3. Whiskers
Pernahkah kamu perhatikan bagian yang terlihat efek fading disekitar daerah kantong kebawah seperti efek bahan jeans yang terlipat dan membentuk pola tertentu? Nah inilah yang dinamakan whiskers.

4. Bartack
Jahitan pada jeans yang biasanya terdapat disekitar kancing dan restleting yang terdapat pada area selangkangan kaki.

5. Selvage
Artinya kurang lebih adalah tepian jeans yang ditenun, sehingga terlihat lebih rapi. Gulung sedikit bawah celana jeans kamu dan perhatikan bagian yang ditenun pada sisi-sisinya.

6. Branding Patch
Tiap celana jeans pasti memiliki ini yang menjadikannya identitas dari suatu merek jeans. Biasanya terbuat dari kulit sapi dan terletak pada pinggang kanan atas. 

7. Back Pockets
Kantong yang terletak pada belakang celana jeans, disertai logo identitas tertentu dari suatu merek jeans. Cara mengenali jeans satu dengan lainnya adalah cukup dengan melihat dari kantong belakangnya saja.

8. Honey Comb
Adalah garis fading yang terdapat diantara lutut setelah jeans kamu pakai. Perhatikan biasanya akan timbul kerutan-kerutan yang menimbulkan pola terntu, itulah yang disebut honey combs.

9. Chain Stitches
Terdapat pada bagian bawah dari celana jeans kamu, perhatikan jahitan kecil melingkar pada sisi bawahnya. Salah satu manfaat dari chain stitches adalah untuk menambah kekuatan dari celana jeans.